Selasa, 02 Desember 2008

SUKSESKAN HARI MENANAM POHON INDONESIA


Dengan diterbitkannya Keppres RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Hari Menanam Indonesia maka tanggal 28 November ditetapkan sebagai sebagai hari menanam Pohon Indonesia dan bulan Desember sebagai bulan Menanam Nasional. Namun demikian penanaman pohon dapat dilanjutkan pada bulan berikutnya sesuai dengan kondisi iklim dan curah hujan setempat.
Tema hari menanam pohon tahun ini adalah “penanaman serentak seratus juta pohon dalam rangka peringatan seratus tahun kebangkitan nasional”. Dengan sub tema “wujutkan hutan lestari masyarakat sejahtera Indonesia bisa”. Secara nasional Hari Menanam Pohon Indonesia dilaksanakan di Area Pusat Penelitian Limnologi LIPI Desa Cibinong Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Jabar yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta ibu Ani Yudhoyono.
Untuk melaksanakan amanat Keppres tersebut pada Jumat pagi (28/11) di Taman Gayung Bersambut, Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Pemkot Singkawang melaksanakan kegiatan Penanaman Serentak Seratus Juta Pohon Dalam Rangka Peringatan Seratus Tahun Kebangkitan Nasional. Dalam kegiatan tersebut hadir Walikota Singkawang Hasan Karman, SH, MM beserta istri yang juga Ketua TP PKK Kota Singkawang yang akrab disapa Ny. Emma Hasan Karman .
Selain itu tapak hadir Dan Brigif 19/Khatulistiwa beserta anggotanya, Sekda Kota Singkawang beserta istri serta Kepala Dinas/Badan dan PNS di Lingkungan Pemkot Singkawang. Hadir pula Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Singkawang , unsur dari Kodim 1202/Singkawang, Yonif 641/Beruang, Polresta Singkawang, KNPI, Gabungan Organisasi Wanita, organisasi kemasyarakatan dan peserta lainnya.
Menteri Kehutanan RI MS. Kaban dalam amanat yang dibacakan Walikota Singkawang Hasan karman, SH. MM mengatakan “kegiatan penanaman massal oleh seluruh rakyat merupakan salah satu kontribusi nyata bangsa Indonesia yang peduli terhadap perbaikan lingkungan. Oleh sebab itu kebersamaan kita pada hari ini merupakan modal yang sangat berharga untuk kita kembangkan lebih lanjut bagar menjadi budaya bangsa yaitu budaya menanam”.
Tantangan lingkungan hidup paling berat yang dialami umat manusia di muka bumi saat ini adalah terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim. Salah satu upaya umat manusia untuk mengurangi efek pemanasan global dan perubagan iklim adalah dengan memperbanyak pohon- dan tanaman. Oleh karena itu diperlukan upaya mempertahankan keutuhan ekosistem hutan dan melakukan menanam pohon secara besar-besaran.
“Kita bersyukur telah dianugerahi keanekaragaman hayati yang tinggi, tanah yang subur, serta ikliim yang sangat mendukung utuk kegiatan tanam menanam karena itu kata Hasan Karman mengajak, marilah kita syukuri anugerah yang tak terhingga ini dengan menanam pohon yang mempunyai multi fungsi dan merupakan tanaman ungggulan lokal”.
Pohon yang ditanam pada hari ini baru dapat dirasakan manfaatnya setelah berumur lebih 3 tahun. Karena itu sebelum mengakhiri pembacaan amanat Menteri Kehutanan RI Hasan karman SH, MM mengajak “mari kita jaga dan pelihara bersama pohon yang kita tanam pada hari ini sehinggga dapat hidup dengan baik, dan tumbuh subur agar nanti kita semua dan anak cucu kita dapat memetik hasilnya”.
Pada kesempatan yang sama Kadis Agribisnis Kota Singkawang DrH. Cipta Raharja dalam laporannnya mengungkapkan “untuk peringatan Hari Menanam Pohon di kota Singkawang telah dipersiapkan 146.750 bibit tanaman yang terdiri dari bibit kehutanan 127.750 batang, bibit sukun 500 batang, bibit kelapa 7.000 batang, bibit kakao 2.500 batang serta tanaman hortikultura dari swasta dan masyarakat sedangkan benih ikan sebanyak 2.500 ekor”. Sasaran pada peringatan Hari Menanam Pohon di kota Singkawang kali ini adalah Taman Gayung Bersambut dengan pertimbangan ke depan areal ini akan berfungsi sebagai hutan kota. Dan Wilayah Batu Belimbing yang direncanakan akan menjadi kawasan agro wisata.

Pada kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang Emma Hasan Karman menghimbau kepada seluruh kader PKK di Kota Singkawang, untuk mensukseskan gerakan Menanam Pohon Indonesia tersebut. " Dalam kesempatan yang bagus ini, saya menghimbau kepada seluruh kader pkk mulai hari ini dan mulai dari diri sendiri, mari kita sukseskan gerakan ini, karena dengan suksesnya kegiatan ini, berarti kita sudah berpartisipasi untuk menjaga generasi kita dari kerusakan alam".

Tidak ada komentar: