Selasa, 02 Desember 2008

TP PKK Kota Singkawang Siap Meningkatkan Perannya


Program PKK, KB dan Kesehatan banyak mempunyai kesamaan baik visi, misi, sasaran maupun pola pelaksanaan kegiatan. Karena itu untuk mendukung program tersebut TP PKK Kota Singkawang telah dan akan melaksanakan bahkan siap meningkatkan perannya.
Hal tersebut terungkap sebagaimana yang disampaikan Ketua TP PKK Kota Singkawang Ny. Elisabeth Majuyetty Hasan Karman saat pada Safari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2008 TK. Prop. Kalbar. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (29/11) di Kelurahan Sijangkung juga dihadiri Sekda Kota Singkawang, para Camat Se Kota Singkawang beserta Ketua TP PKK masing-masing kecamatan serta undangan lainnya baik masyarakat maupun beberapa pejabat dari instansi terkait.
Dalam laporannya Ema Febry sapaan akrab Ketua TP PKK Kota Singkawang juga menjelaskan hasil kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat kota Singkawang yang telah dilaksanakan. Hasil yang telah dicapai jelas Ema adalah “untuk program PKK rata-rata mencapai 69% dari target yang telah ditentukan. Untuk Program KB yaitu peserta KB baru mencapai 79%, KB Aktif Terbina 85%. Sedangkan program kesehatan untuk cakupan imunisasi mencapai 70%, kesehatan ibu dan anak 75% dan gizi 65%”.
Untuk memacu semangat kompetisi dalam rangka meningkatkan prestasi pengelolaan dan Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di Kota Singkawang berbagai lomba diadakan. Diantaranya Lomba Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Lomba Pos Yandu dan Lomba Lingkungan Sehat dan Bersih.
Sementara itu Wakil Ketua TP PKK Prop Kalbar Ny. Kristanti Christiandy, SE yang hadir beserta rombongannya menjelaskan “hakekat kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan suatu bentuk nyata kerjasama dan keterpaduan antara TP PKK, BKKBN Dinas Kesehatan, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait lainnya serta tokoh masyarakat dan relawan yang tujuannya untuk memberikan kontribusi terhadap upaya peningkatanpemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat dalam mewujutkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera”.
Tentunya Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan akan berhasil bila berbagai unsur dalam Tim serta seluruh komponen masyarakat dapat melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing beriring dan seiramma, sinergis dan terpadu mulai dari tingkat propinsi, kabupaten/kota,, kecamatan bahkann sampai tingkat desa/kelurahan. Karena itu Wakil Ketua TP PKK Prop Kalbar ini mengajak “mari kita upayakan untuk meningkatkan dan menghidupkan kembali jumlah dan fungsi kkelompok-kelompok dasa wisma, pos yandu serta para kader pada kelompok-kelompok KB dan kesehatan yang akan menjadi motor penggerak kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di tingkat lapangan”.
Dalam kesempatan yang sama Walikota Singkawang Hasan Karman, SH, MM yang juga Ketua Pembina TP PKK Kota Singkawang mengatakan “pelaksanaan program KB tidak ada unsur paksaan sebaliknya program KB didasarkan atas kesadaran dan tangung jawab bersama demi mewujutkan keluarga dan masyarakat yang berkualitas”.
Berkenaan dengan kegiatan Kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan ini Hasan Karman mengharapkan agar keikutsertaan kaum pria dalam berKB dan peningkatan jumlah akseptor baru dapat lebih dipacu. Dia juga menjelaskan sasaran pembangunan bidang kesehatan kota Singkawang yaitu peningkatan upaya pelayanan kesehatan, perbaikan status gizi serta pengamanan dan pengawasan obat, bahan makanan dan bahan berbahaya lainnya.
“Semoga kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dapat berjalan dan terlaksana dengan baik serta dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dengan tetap memupuk jalinan kemitraan, kerjasama dan koordinasi yang baik antar instansi terkait serta mendapat dukungan dari segenap komponen masyarakat” harap Hasan Karman

Tidak ada komentar: